Monday, January 31, 2011

LEMBAR OBSERVASI

OBYEK : Proses Pembelajaran di Kampus
WAKTU : 3 Januari 2011
TEMPAT : Ruang 313
OBSERVER : Mu’allim Syukri Khamid

Deskripsi:
Pada jam 08.45 WIB, ruang 313 PAI-D mahasiswa masuk kelas dan dosen sudah di dalam karena dosen belum keluar pada kuliah sebelumnya.
Sebelum dimualai perkuliahan, dosen menanyakan tugas yang diberikan minggu yang lalu, dan mahasiswapun mengumpulkannya, namun masih ada pula mahasiswa yang masih mengerjakan tugas tersebut.
Sekitar setengah jam proses pengumpulan tugas tersebut, kemudian dosen memulai materi tepatnya kurang lebih pukul 09.15 Wib. Dan mahasiswapun mendengarkan penjelasan dari dosen, namun ada juga yang masih mengerjakan tugas yang belum dikerjakannya, namun dosen tetap melanjutkan penelasannya tanpa menegur yang sedang mengerjakan tugas.
Sekitar 30 menit setelah dosen menjelaskan kemudian dosen menyuruh mahasiswanya untuk membuat deskripsi singkat tentang tentang proses pembelajaran yang barusan dilakukan.dan pada saat mahasiswa mengerjakan tugas yang baru saja diberikan oleh dosen, dosen menayangkan fotonya yang bersama dengan keluarganya, ada mahasiswa yang melihat foto tersebut, namun ada pula mahasisiwa yang melanjutkan mengerjakan tugas tersebut. Namun disela-sela mahasiswa yang mengerjakan tugas, ada pula mahasisiwa yang bermainan pulpennya dan ada pula yang hanya clingk-clinguk melihat teman yang mengerjakan tugas.
Pada jam 09.52 Wib saya selesai mengerjakan tugas yang diberikan dosen.dan mahasiswa yang lain pun menyusul. Seteleh selesai semua, dosen menyuruh salah satu mahasiswanya untuk membacakan hasil kerjanya.
Sebelum mengakhiri perkuliahan dosen memberikan tugas kepada mahasiswanya untuk membuat observasi tentang proses perkuliahan yang dikumpulkan pada waktu ujian.

Keterangan:
Hipotesis : Perkuliahan dilakukan selama 100 menit dari jam 08.45-09.30 WIB. Setelah mahasiswa masuk ruangannya dosen menanyakan tugas minggu lalu. Setelah itu dosen memberikan penjelasan materi baru yang belum disampaikan. Setelah selesai memberi penjelasan dosen menayakan pada mahasiswa apakah ada pertannyaan. Sebelum menutup perkuliahan dosen memberikan tugas kepada mahasiswa.

No comments:

Post a Comment