Sunday, February 15, 2015

Curug Leses

Menilik Curug Leses di Kaki Bukit Durenrenteng

AYAH – Curug Leses merupakan sebuah air terjun atau curug yang ada di perbatasan Desa Candirenggo dan Tlogosari kecamatan Ayah kabupaten Kebumen. Lokasi nya masih satu kompleks dengan Curug Gemawang. Tepatnya di atas arah timur dari Curug Gemawang.

Curug Leses terdiri dari dua curug atau aliran air yang tidak terlalu tinggi. Aliran air yang keluar dari semak dan pepohonan tersebut kemudian jatuh membentuk sebuah kolam. Kolam layaknya bak yang cukup dalam tersebut terbentuk secara alami. Debit air yang dihasilkan dari Curug Leses tidak besar dikarenakan sungai yang menjadi alirannya bukanlah sungai yang besar dan panjang.

Curug Leses berada dibawah Bukit Durenrenteng (234 m/dpl). Curug ini biasa dikunjungi para pecinta alam dan penggiat wisata Kebumen. Tak heran hanya segelintir orang saja yang mengetahuinya. Namun bagi anak anak desa setempat, kolam Curug Leses biasa digunakan untuk berenang dan bermain air.

Di sekitar Curug Leses atau Desa Candirenggo ini juga terdapat sejumlah goa seperti Goa Durenrenteng 1, Goa Durenrenteng 2, Goa Banyu, Goa Kandangan dan Goa-goa dari percabangan Goa Petruk. Air Curug Leses cukup segar dan bersih meski tak seperti air di wilayah pegunungan utara yang jernih. Maklum saja, lokasi Curug Leses berada di kawasan karst dengan aliran air permukaan membawa larutan batuan kapur.

Sama seperti Curug Gemawang, Curug Leses bukan sebuah tempat wisata umum sehingga tak ada fasilitas apapun dilokasi . Bahkan untuk menemukannya pengunjung harus lebih mengandalkan bertanya kepada warga sekitar. (LintasKebumen©2015)

No comments:

Post a Comment