Tuesday, February 8, 2011

REVIEW BUKU

JUDUL BUKU : PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ISLAMI (Menyingkap Rentang Kehidupan Manusia dari Prakelahiran Hingga Pascakematian)
PENGARANG : Aliah B. Purwakania Hasan
PENERBIT : PT. Rajagrafindo Persada
TAHUN TERBIT : 2008
KOTA TERBIT : Jakarta
PEREVIEW : Mu’allim Syukri Khamid (0940168)

Banyak ayat Al-Qur’an dan hadits-hadits Nabi SAW. Yang mengisyaratkan tentang bagaimana perkembangan manusia. Hal ini bias dibuktikan bahwa dalam kandungan ayat-ayat al-qur’an dan alhadits terdapat isyarat-isyarat yang mengidikasikan factor-faktor genetika dan herediter. Al-Qur’an juga memuat tentanang keterangan tentang proses perkembangan manusia dalam rahim seorang ibu yang sedemikian rinci dan akurat sekalipun harus dibandingkan dengan perkembangan ilmu tekhnologi saat ini, padahal tekhnologi ultrasonogtafi yang mampu melihat perkembangan janin pada saat itu belum ditemukan, sedangkan Al-Qur’an dan Hadits telah banyak membicarakanperiode sensitive atau kritis dalam perkembangan manusia, dari seperma sampai masuk ke lliang lahat. Melihat berbagai fakta sejarah, studi tentang perkembangan manusia, termasuk perkembangan fisik dan psikologis, yang berakar pada isyarat-isyarat Al-Qur’an dan hadits telah Nampak jelas mendahului studi psoikologi perkembangan modern.
Sejatinya psikologi perkembangan mulai memperlihatkan bentuknya pada akhir abad ke- 19. Hal ini diterangi ketika psikolog mulai familiar dengan teori evolusi Charles Darwin yang mencari gambaran evoluisi dari manusia. Diantara tokoh yang mempelopori itu adalah G. Stanley Hall, yang mencari hubunagn antara masa kanak-kanak dengan perkembangan evolusi sebelumnya. Akan tetapi pendekatan yang lebih ilmiah dilakukan oleh James Mark Baldwin, yang menulis essay dengan topic di bidang ini salah satunya yaitu “Immitation: A Chapter in the Natural History of consciousness”
Semula psikologi perkembangan hanya menbahas tentang anak-anak, tetapi seiring dengan perkembangan zaman psikologi perkembangan dapat merambat lebih luas, yaitu membahas dari manusia sebelu, lahir sampai mati.. sehingga permasalahan yang dibahas dalam psikologi perkembangan semakin kompleks.
Didalam buku tebal yang ditulis oleh seorang kelahiran purwakarta ini membahas berbagai paradigm dasar yang harus diperhatikan dalam mengembangkan psikologi perkembangan islami. Diantaranya yaitu membahas tentang prinsip psikologi perkembangan islami yang tercantum dalam bab paradigma dasar psikologi perkembangan islami.
Disamping itu dalam buku ini juga membahas tentang kehidupan manusia yang bewrsifat transcendental, karena sesungguhnya manusia didalam islam itu dipandang suci dan beriman, pendekatn nature vsnurture dalam psikologi perkembangan islami dilengkapi dengan mengakui pentingnya factor ketentuan Allah SWT.
Pada bab perkembangan pra kelahiran itu juga dibahas tentaang tahap prakelahiran sampai prosesnyapun dibahas dengan detail mulai dari pembahasan dari al-qqur’an sampai dari hasil penelitian para penelitipun dibahaskan pula.didalam buku ini disebutkan bahwa periode kelahiran itu mulai dari pembuahan dan beralhir pada saat kelahiran setelah kira-kira 38minggu dalam kandunagn.
Kemudian didalam bab lain menyebutkan bahwa penggolongan gender merupakan proses dimana seorang anak mendapatkan identitas gender yang diharapkan oleh masyarakat. Masyarakat memiliki standar peran jenis kelamin , yang berupa seperangkat nilai-niai, motif dan juga perilaku yang dianggap cocok dengan satu jenis kelamin dan kurang dianggap pantas oleh jenis kelamin yang lain.
Pada akhir dari buku ini dibahas pula tentang perkembangan manusia setelah kematian maupun kehidupan setelah mati. disini disebutkan bahwa kematian merupakan salah satu tahap dari kehidupan manusia sebagai makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT. Setelah manusia diciptakan dengan sebaik-baik bentuk mulai dari masa konsepsi, Allah SWT. Kemudian mematikannya. Namun sesudah itu manusia akan dibangkitkan lagi dihari kiamat nanti ..Dalam Al-Qur’an diceritakanseluruh prose situ sebagai berikut:
“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari sulalati min tin (sari pati tanah). Kemidian Kami jadikan tanah itu menjadi satu tetesan nutfah (air mani) yang tersimpan di tempat yang aman dan kokoh, kemudian tetesan nutfah itu kami olah menjadi suatu stuktur darah (alaqoh), dan oleh kami segumpal darah itu Kami jadikan daging(mudhggoh) lalu segumpal daging itu di olah menjadi tulang-belulang (idham) selanjutnya tulang itu Kami bungkus lagi dengan daging. Setelah itu Kami jadikan makhluk yang berbentuk lain dari yang sebelumnya. Maha Suci Allah pencipta yang paling baik. Kemudian sesungguhnya sesudah itu kamu sekalian akan benar-banar mati, kemudian sesungguhnya kalian akan dibangkitkan dari kuburmu dihari kiamat.”
Dari uraian ayat tersebut, benar apa yang dikatakan penulis buku ini bahwa manusia itu hidup dan akan pula mati, setelah itu akan dibangkitkan kembali pada hari kiamat.
Dalam pembahasan kehidupan setelah mati disebutkan pula tentang surge dan neraka yang mana itu juga merupakan ajaran agama islam. Dalam pembahasan inii yang banyak di bahas adalah mengenai gambaran umum surga dan neraka yang mengambil dari al-Qur’an dan hadits.
Demikianlah revie buku psikologi perkembangan islami (menyingkap rentang kehidupan manusia dari pra kelahiran hingga pasca kematian) smoga dapat bermanfaat amin ya Robbal ‘Alamin…..

No comments:

Post a Comment